Himda Muhammad
Dalam Konflik Agama & Bangsa (2017)


ISBN : 978-602-72137-4-6
Penulis : Agus Mualif Rohadi
Tebal : 725 halaman
Ukuran : 15,5x23,5 cm

SINOPSIS :
Buku yang ditulis ini mencoba mengisahkan tentang sejarah perkembangan agama monoteis sejak cikal bakal pembawanya, yaitu Ibrahim yang ternyata bukan hanya membawa risalah ketuhanan, namun juga mendapatkan anugerah dari Tuhan bahwa keturunannya akan membentuk bangsa-bangsa besar yang menempati wilayah sepanjang rute dakwahnya. Dari bangsa keturunannya ini, kemudian agama monoteis seperti yang dikenal saat ini telah berkembang menjadi agama bagi mayoritas penduduk dunia. Buku ini mencoba mengisahkan semua hal tersebut secara kronologis, dengan sumber utama adalah ayat-ayat yang tercantum dalam kitab suci Yahudi dan Sekte Yesus (Nashara), Kristen dan Islam, yaitu Perjanjian Lama, Injil dari Evangelic dan Injil dari Hawariyyun, serta Al-Qur’an yang didukung oleh buku referensi sejarah lainnya untuk memperkuat kronologinya.Tema dalam setiap bab buku ini dapat dikupas lebih mendalam lagi karena sebenarnya setiap tema membahas substansi yang cakupan nilainya cukup luas dan juga mewakili suatu peristiwa sejarah yang cukup panjang, sehingga sangat terbuka untuk pengkajian lebih mendalam.

 

AGUS MUALIF ROHADI, lahir di sebuah kampung di Surabaya, 20 Agustus 1954, adalah putera staf pegawai PT. PAL Surabaya yaitu Rohadi dan Ibunya yaitu Siti Asma Ambini. Sekolah SD di kampung Ploso Surabaya, demikian pula SMP dan SMA di Surabaya. Ketika menjadi mahasiswa ITS, untuk meringankan beban orang tuanya, sambil kuliahmencari rizgi dan sempat memperoleh beasiswa prestasi yang meringankan untuk biaya kuliah. Ketika menjadi mahasiswa ITS di Fakultas Teknik Perkapalan, disela-sela kegiatan kuliahnya, sempat menjadi sekretaris Badan Permusyawaratan Mahasiswa Teknik Perkapalan, serta aktif pula di organisasi Mahasiswa ekstra kampus yaitu Himpunan Mahasiswa Islam, dan bersama beberapa temannya mendirikan Komisariat HMI Perkapalan. Setelah Itu aktif di Koordinator Komisariat ITS, dan selama satu tahun pada 1981-1982 menjadi Pejabat Ketua Umum HMI Cabang Surabaya. Pada tahun 1982-1984 menjadi salah satu Ketua pada Badan Koordinasi HMI Jawa Timur, kemudian tahun 1984-1906 menjadi Anggota Majelis Pekerja Kongres HMI.

Selepas dari status mahasiswa, kemudian menjadi part time di konsultan Agribisnis di Jakarta, kemudian menjadi PNS di Departemen Perindustrian sejak tahun 1967. Setelah beberapa tahun di Jakarta kemudian dipindah ke Gresik. Sejak tahun 2010 menjadi Kepala Badan Penanaman Model dan Perijinan Kabupaten Gresik.

Sejak kecil hobinya membaca buku-buku sejarah dan komik berlatar sejarah, hafal cerita sejarah tertentu dan cukup hafal cerita atau kisah Ramayana, Mahabarata, dan Baghavat Ghita. Selain hobi membaca, juga hobi menulis dan saat aktif di HMI sempat menyusun draft buku pedoman perkaderan HMI untuk di bahas pada Lokakarya nasionsi perkaderan HMI. Sempat menuangkan pikirannya tentang azas Pancasila dalam sebuah tulisan yang cukup panjang untuk didiskusikan dengan teman-temannya di berbagai HMI cabang, antara lain cabang-cabang di Jawa Tunur, Ciputat Jakarta, Semarang, Bandung, Padang, Mataram, dan lain-lain, sehingga akhirnya membantu kelancaran pengambilan keputusan Konggres HMI di Padang.

Pada tahun 2015, di sela-sela kesibukannya bekerja, dengan mencermati perkembangan politik dan agama di Timur Tengah dan di Indonesia, kemudian secara rutin dalam satu minggu tiga kali membuat tulisan berseri yang di upload di grup WA tentang sejarah agama khususnya agama Kristen dan Islam dalam bentuk tulisan berseri sehingga lebih dari 200 seri tulisan. Atas dorongan kolega kantor dan sesama mantan aktifis mahasiswa, tulisan berseri tersebut kemudian diwujudkan dalam bentuk buku, sehingga terbitlah buku HIMDA (MUHAMMAD) DALAM KONFLIK AGAMA DAN BANGSA.
Menu